Manfaat Mandi Dengan Air Dingin

Assalamu'alaikum Wr.Wb



Berita Kesehatan - Ketika mandi menggunakan air panas maupun air dingin memang rasanya nyaman dan segar. Ketika kita telah melakukan aktivitas seharian serta memunculkan rasa pengat dan keringat pasti pikiran kita rasanya ingin mandi.

Nah, berbicara mandi air hangat atau air dingin banyak hal yang perlu kita ketahui. Ketika mandi dengan air hangat maka kulit akan menjadi kering dan mudah keriput. Mengapa demikian ? Sebab air hangat dan menghilangkan minyak alami yang terdapat pad kulit.

Untuk mandi dingin, mungkin disisi lain terkesan menyeramkan bagi banyak orang, tetapi tahukah Anda bahwa mandi air dingin memberikan banyak manfaat. Berikut empat manfaatnya :

1. Wajah lebih berkilau
Uap yang muncul dari air hangat akan membuka pori-pori kulit, maka dengan begitu kotoran akan mudah dibersihkan. Namun, seusai membasuh kulit dengan air hangat, sebaiknya Anda kembali membasuhnya dengan air dingin agar pori-pori kulit kembali tertutup. Tahukah Anda bahwa dengan membasuh kulit yang sudah bersih dengan air dingin akan mecegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak, yang menyebabkan masalah pad kulit seperti jerawat.

2. Mencegah kerontokan rambut
Ketika kita mandi dengan menggunakan air hangat maka hal ini dapat merusak rambut karena membuat rambut kering. Tetapi tahukah Anda ketika kita mandi dengan menggunakan air dingin dapat mencegah kerontokan pada rambut.

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Ketika air dingin menyentuh permukaan kulit, pembuluh darah dibawah kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurasi sirkulasi darah tetapi pada saat yang sama tekanan darah akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.


4. Meningkatkan metabolisme
Ketika seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan baju hangat untuk menghangatkan tubuh. Begitu pula saat tubuh Anda disiram air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat Anda merasa hangat.

5. Tubuh lebih bugar
Ingin bisa mengawali hari dengan tubuh yang segar dan bugar? Mandilah dengan air dingin, karena air dingin akan membantu "membangunkan" saraf-saraf dalam tubuh Anda. Selepas mandi air dingin, Anda juga lebih dapat mengatasi udara dingin di luar rumah. Hal ini berbeda dengan mandi air panas, yang akan membuat tubuh menjadi lemas. Itu sebabnya, mandi malam dengan air panas membuat Anda siap tidur nyenyak.

5. Mencegah cedera pada tubuh
Setelah Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan Anda butuh waktu untuk membuat otot-otot Anda menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.


Semoga bermanfaat
Wa'laikumsalam Wr.Wb





SHARE

Gamal Defianur Mansyur

Assalamu'alaikum, Terima kasih atas kunjungan Anda. Saya akan selalu berusaha memberikan artikel atau informasi terbaik untuk Anda

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment